Jumat, 09 Agustus 2013

lomba untuk mahasiswa 2013

Kompetisi Esai Mahasiswa 2013 “Menjadi Indonesia”
“MENJADI INDONESIA adalah menjadi manusia yang bersiap memperbaiki keadaan, tetapi bersiap pula untuk melihat bahwa perbaikan itu tidak akan pernah sempurna dan ikhtiar itu tidak pernah selesai.” (Goenawan Mohamad — Surat dari & untuk Pemimpin)

Menjadi Indonesia = (men)dingan (ja)ngan (di)am untuk Indonesia; Sebuah gerakan moral, ajakan berbuat nyata, memberi makna pada Indonesia. Lebih baik menyalakan lilin ketimbang sekadar mengutuk kegelapan.

Pada tahun keempat ini, TEMPO Institute kembali menantang mahasiswa Indonesia untuk menetaskan buah pikiran melalui kompetisi esai. Tuliskan esaimu. Jangan berangkat dari teori yang muluk-muluk. Mulailah dengan mengamati, observasi, kondisi di sekitarmu. Gambarkan permasalahan paling menarik atau paling penting di sekelilingmu, di wilayahmu, di “area kekuasaanmu”.

Ini bukan kompetisi membuat makalah dengan basis teori yang rigid, tapi tentang pendapat subyektif. Tulisan bisa berupa refleksi, observasi mendalam, atau gagasan konkret atas sebuah persoalan nyata di sekitarmu.

Syarat Peserta Kompetisi Esai Mahasiswa 2013

1. Peserta Kompetisi Esai ini adalah mahasiswa Diploma dan Strata-1 (S1).

2. Naskah esai yang dilombakan merupakan karya perorangan peserta, ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan belum pernah dipublikasikan di mana pun.

3. Esai ditulis berdasarkan salah satu topik yang dipilih peserta. Pilihan Topik Esai: Korupsi, Bhinneka Tunggal Ika, Kewirausahaan, Kemandirian, Kepemimpinan, Lingkungan Hidup, Budaya, Pendidikan, Demokrasi, dan Hak Asasi Manusia (Sila cermati uraian tentang Topik Esai di atas).

4. Kami sangat menanti karyamu yang benar-benar orisinil, berbeda namun tetap mengutamakan esensi. Kami akan sangat menghargai karya yang mengambil tema berbeda dari pemenang tahun-tahun sebelumnya. Sebagai pembeda, untuk 30 esai terbaik tahun 2012 bisa dilihat di tautan berikut.

5. Peserta boleh mengirim lebih dari satu judul naskah, baik dengan pilihan topik yang sama atau berbeda, tetapi hanya satu judul yang dapat masuk dalam daftar 30 Esai Terbaik.

6. Pendaftaran dan pengiriman naskah dilakukan melalui halaman Pendaftaran dalam web tempo-institute.org

7. Peserta wajib menyertakan pindaian (scan) Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku, dimuat di Lembar Biodata naskah yang dikirimkan (Lihat Panduan Penulisan Esai), dan diunggah saat pendaftaran online.

8. Hanya naskah yang penulisannya memenuhi ketentuan-ketentuan dalam Panduan Penulisan Esai yang akan dinilai oleh Dewan Juri.

9. Hak publikasi naskah menjadi milik Panitia.

10. Batas akhir pengumpulan naskah adalah Sabtu, 17 Agustus 2013, pukul 24.00 WIB

Selama masa pengumpulan esai berlangsung, kami akan memberikan tips-tips jitu dari para pemenang tahun sebelumnya dan dewan juri. Juga ada kuis-kuis berhadiah lainnya. Oleh karena itu, ikuti kami di Facebook: Tempo Institute Indonesia dan Twitter: @TempoInstitute @Menjadi_ID

selengkapnya di : http://tempo-institute.org/kompetisi-esai-mahasiswa-2013-menjadi-indonesia/

Lomba Karya Tulis 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara MPR RI Tahun 2013
yang di selenggarakan oleh MPR RI

Lomba Karya Tulis
(MPR RI)

Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat dan mahasiswa, peningkatan penalaran, menumbuhkan semangat kehidupan berbangsa dan bernegara serta menggairahkan budaya menulis bagi masyarakat dan mahasiswa, MPR RI menyelenggarakan Lomba Karya Tulis 4 (empat) pilar, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1. Peserta
a. Katagori Masyarakat Umum
b. Katagori Mahasiswa Strata 1

2. Tema dan Sub Tema Karya Tulis
Tema karya tulis yang dilombakan adalah Implementasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Peserta dapat menentukan sub tema sendiri, tetapi tidak boleh lepas dari tema 4 (empat) pilar tersebut. Contoh sub tema dalam penulisan, antara lain sebagai berikut:
2.1.Katagori Masyarakat Umum Pancasila sebagai pendorong kemajuan bangsa; Urgensi GBHN dalam sistem ketatanegaraan; Implementasi otonomi daerah menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945; Optimalisasi peran MPR dalam struktur ketatanegaraan Indonesia.
2.2. Katagori Mahasiswa Pancasila dalam membangun persatuan dan kesatuan; Pancasila sebagai identitas dan nilai luhur bangsa; Memperkukuh kedaulatan negara melalui pembangunan berwawasan nusantara; Kebhinekaan sebagai alat pemersatu bangsa.

3. Jadwal Penyelenggaraan
3.1. Naskah harus sudah diterima Panitia Lomba paling lambat tanggal 16 Agustus 2013 (cap pos).
3.2. Pengumuman peserta yang masuk final pada bulan September 2013.
3.3. Presentasi Finalis, Penetapan, dan Pengumuman Juara pada September/Oktober 2013. Peserta yang pernah menjadi juara pada tahun 2012 tidak dapat ikut sebagai peserta pada tahun 2013.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi (021) 5789 5069 atau sms/telp no. 0821 1111 7845 atau email : biropersidangan@setjen.mpr.go.id

Naskah hard copy karya tulis dikirimkan melalui pos dan ditujukan kepada Biro Persidangan MPR RI, PO BOX 4363 JKP 10043.

Demikian pengumuman ini disampaikan untuk diketahui sebagaimana mestinya.
selengkapnya di : http://www.mpr.go.id/berita/read/2013/04/03/11842/lomba-karya-tulis-4-pilar-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara-mpr-ri-tahun-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih telah mengunjungi blog ini , silahkan berkomentar dan lihat kuis terbaru setiap harinya di blog ini

thanks to our advertiser